KURIKULUM OPERASIONAL SATUAN PENDIDIKAN



MERDEKA MENGAJAR

Daftar Isi

 Lembar Pengesahan           

Daftar Isi ..................................................................................................        ii 

1

Pendahuluan ....................................................................................        1

1.      Rasional...................................................................................................................         1

2.      Karakteristik SMA N 3 Lebong ............................................................................              1

3.      Sumber Daya Alam.................................................................................................          2

4.      Sumber Daya Manusia...........................................................................................          2

5.      Karakteristik Sosial Budaya...................................................................................           3

6.      Sumber Pendanaan................................................................................................          4

7.      Sistem Kebijakan Daerah.......................................................................................          4

8.      Kemitraan................................................................................................................         5

2

Visi, Misi, Tujuan dan Strategi ........................................................         8

1.      Visi SMA N 3 Lebong ...........................................................................................            8

2.         Misi SMA N 3 Lebong........................................................................................................................... 10

3.         Tujuan SMA N 3 Lebong..................................................................................................................... 13

4.         Strategi yang Akan Dikembangkan untuk Meningkatkan Kualitas Peserta Didik      16

5.         Strategi yang Akan Dikembangkan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidik............... 17

3

Pengorganisasian Pembelajaran...................................................................... 18

A.         Intrakurikuler........................................................................................................................................... 18

1.                      Model Pembelajaran-pembelajaran Tematik-Integratif-Kolaboratif........................ 18

2.                      Sistem Pembagian Waktu Pembelajaran........................................................................... 24

3.                      Pengorganisasian Pembelajaran Intrakurikuler............................................................... 24

4.                      Sistem Asesmen........................................................................................................................... 25

5.                      Kriteria Kelulusan dan Kenaikan Kelas................................................................................ 26

KURIKULUM OPERASIONAL

SMA N 3 LEBONG

1.                      Peran Bimbingan dan Konseling............................................................................................ 27

2.                      Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan untuk Pembelajaran di Fase F............................ 28

3.                      Pembelajaran di Kelas XII......................................................................................................... 32

B.          Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.................................................... 33

C.         Ekstrakurikuler...................................................................................................................................... 39

D.         Budaya Sekolah.................................................................................................................................... 45

4

Perencanaan Pembelajaran........................................................................... 49

A.          Rencana Pembelajaran dalam Lingkup Sekolah.................................................................... 49

1.                      Kelas X (Fase E)............................................................................................................................. 49

2.                      Kelas XI atau Fase F..................................................................................................................... 49

3.                      Kelas XII............................................................................................................................................ 60

B.          Rencana Pembelajaran dalam Lingkup Kelas......................................................................... 62

5

Pendampingan, Evaluasi dan Pengembangan Profesional........................ 70

A.          Evaluasi.................................................................................................................................................... 70

B.          Pendampingan dan Pengembangan Profesional................................................................... 71

Lampiran........................................................................................................................ 74

Pendahuluan

1.          Rasional

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,       dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu ini meliputi tujuan pendidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi                        dan potensi daerah, satuan pendidikan dan peserta didik. Oleh sebab itu kurikulum disusun oleh satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.

Kurikulum Operasional SMA N 3 Lebong Tahun Pelajaran 2023-2024 merupakan panduan penyelenggaraan seluruh kegiatan di SMA N 3 Lebong pada tahun ajaran 2023-2024 yang disusun mengacu pada evaluasi pelaksanaan kurikulum sebelumnya. Kurikulum ini disusun bersama-sama oleh Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Dewan Guru, Dinas Pendidikan, Pengawas dan Orang tua melalui Komite Sekolah. Penyusunan Kurikulum Operasional ini memperhatikan karakteristik SMA N 3 Lebong serta evaluasi terhadap Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan tahun                           sebelumnya.

Selain sebagai panduan penyelenggaraan Pendidikan di SMA N 3 Lebong pada  tahun berjalan, Kurikulum Operasional ini juga perlu dijadikan pijakan untuk

penyusunan Kurikulum Operasional tahun berikutnya. Dengan demikian arah langkah  Pendidikan di SMA N 3 Lebong diharapkan terjaga, berkesinambungan dan semakin                     berkualitas dari waktu ke waktu.

2.        Karakteristik SMA N 3 Lebong

SMA Negeri 1  Lebong berlokasi di Jalan Raya Curup Muara Aman  Lebong dan berdiri sejak tahun 1992. Berada di daerah bukit Range pada ketinggian 500-1.000 diatas permukaan laut.Adapun batas batas wilayah kabupaten lebong adalah sebelah utara kabupaten surolangun, sebelah Selatan kabupaten Rejang lebong dan Bengkulu Utara, sebelah barat kabupaten Bengkulu utara,dan sebelah timur Kabupaten Musi Rawas.lingkungan sekolah dikelilingi oleh pegunungan dengan tanah persawahan yang subur. Sekolah seluas 15.000 M2 dengan lahan terbuka 7.000 M2, memiliki halaman sekolah yang ditanami dengan berbagai tanaman hias serta tanaman pelindung dimana dikelompokan menjadi kolam sekolah, dan taman sekolah.

1.          Sumber daya alam

Sekitar sekolah merupakan daerah pertanian baik pertanian persawahan atau pun perikanan. Selain itu juga merupakan daerah pertanian kopi, pala, dan tanaman hasil bumi lainya. Lebong merupakan daerah perbukitan yang dikelilingi oleh hutan lindung.Lebong merupakan daerah yang memiliki sumber daya alam yang sangat potensial seperti pertambangan emas dan batu bara serta gas Alam.

Selain itu Kabupaten Lebong banyak memiliki daerah wisata alam sehingga setiap pekannya atau hari libur banyak pelancong yang mengunjungi  Lebong baik Masyarakat setempat maupun Masyarakat diluar kabupaten lebong yaitu Masyarakat dikabupaten tetangga atau provinsi tetangga.

 

2.          Sumber Daya Manusia

SMA N 3 Lebong merupakan sekolah besar dan sudah berusia mapan mempunyai sumber daya guru yang sudah berpengalaman baik sebagai ASN sejumlah 26 guru PNS, 1 PPPK dan Guru bantu Honorer Daerah sebanyak 11 orang dengan pegawai administrasi sebanyak 5 orang. Dengan yang telah berpendidikan magister sebanyak 15%, kekuatan Sumber Daya Guru ASN ditunjang dengan sebagian guru yang sudah bersertifikasi sebanyak 90% , perangkat pendukung laboran 1 orang, serta pustakawan 2 orang. Salah satu kelemahan yang dihadapi oleh SMA N 3 Lebong terkait Sumber Daya Manusia adalah sebagian besar ASN memasuki belum tercukupi sehingga beberapa mapel menjadi kekurangan sumber daya akibatnya untuk melengkapi kebutuhan tersebut terjadi rekruitmen guru honorer. Disisi lain, banyaknya guru muda non ASN merupakan potensi bagi pengembangan SMA N 3 Lebong ke depan.

Setiap tahunnya SMA N 3 Lebong sangat diminati oleh masyarakat yang ingin

bersekolah, sehingga setiap tahun kuota peserta didik selalu penuh danpendaftar selalu berlebih. Jumlah peserta didik SMA N 3 Lebong pada tahun pelajaran 2022-2023 sebanyak 611 orang, berasal dari keluarga yang berlatar pendidikan orang tua yang berbeda-beda. Enam puluh persen (60%) peserta didik berasal dari orang tua yang memiliki latar belakang Pendidikan minimal setara SMA, sisanya berpendidikan dibawahnya yang berprofesi sebagai petani, pedagang, buruh, tukang, bahkan ada yang pekerjaannya tidak menentu. Peserta didik yang masuk SMA N 3 Lebong bervariasi baik kemampuan akademik ataupun nonakademik (ekonomi, latar belakang pendidikan keluarga), begitupun minat dan bakatnya.

SMA N 3 Lebong yang menerapkan dua kurikulum pada jenjang yang berbeda, tentunya berdasarkan kajian potensi peserta didik di beberapa tahun terakhir, prestasi nonakademik dan prestasi akademik tampak belum maksimal hanya sebatas tingkat kabupaten dan provinsi, namun tingkat Nasional hanya dapat dari beberapa kategori seperti diluiar akademis. Sementara juga prestasi masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang terus bertambah setiap tahunnya.

 

1.        Karakteristik Sosial Budaya

Karena banyaknya Sehingga kehidupan globalisasi berbagai etnis, agama, suku merupakan kehidupan yang sudah biasa.Untuk agama hampir seluruh menganut agama Islam. Karena sebagian besar penduduk kabupaten  Lebong merupakan suku Rejang, maka kebudayaannya pun lebih pada budaya Rejang. Keberagaman suku, agama, dan etnis di sekitar  Lebong merupakan potensi untuk                                 mengembangan kebhinnekaan global peserta didik.

1.      Budaya Belajar

Budaya belajar peserta didik di SMA Negeri 3 lebong :

a.               Sebagaimana pada umumnya masyarakat di daerah pedesaan,  peserta didik di SMA Negeri 3 lebong kurang termotivasi untuk berprestasi akademis, hal ini dikarenakan masih terbatasnya tingkat ekonomi orang tua untuk melanjutkan Pendidikan anak-anaknya ke jenjang yang lebih tinggui. Namun demikian ada Sebagian kecil peserta didik benar-benar mempunyai motivasi yang tinggi dikarenakan dorongan orang tua yang cukup baik.

b.               Persaingan belajar tidak terlalu menonjol antar  peserta didik  

2.      Budaya Literasi

Peserta didik SMA Negeri 3 Lebong memiliki budaya literasi yang kurang baik. Hal ini dapat dilihat dari kunjungan ke perpustakaan yang kurang dari peserta didik.

3.      Budaya Peduli Lingkungan

Peserta didik SMA Negeri 3 Lebong memiliki budaya lingkungan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari lingkungan sekolah yang cukup bersih. Namun mereke kurang peduli terhadap lingkungan dimana ada Sebagian siswa yang masih membuang sampah sembarangan.