SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI SMA NEGERI 3 LEBONG
Assalaamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Segala puji syukur kita pajatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, karena atas limpahan rahmat, dan karunia-Nya sehingga Website sekolah SMA Negeri 3 Lebong ini dapat terus kita kembangkan. Ucapan terima kasih juga kami haturkan kepada semua pihak yang sudah memberikan suport dan fasilitasi untuk kelancaran pengembangan Website ini.
Selamat datang di Website resmi SMA Negeri 3 Lebong. Di era digital saat ini, website sekolah merupakan pintu gerbang informasi terdepan sebagai sarana untuk menyebarluaskan berbagai publikasi terkait kemajuan pendidikan dan pencapaian SMA Negeri 3 Lebong.
Sebagai media pembelajaran, terlebih di masa pandemi masih berlangsung, website sekolah juga diarahkan dapat mendatangkan kemanfaatan sebagai sarana pembelajaran dengan memuat blog, e-learning, karya dan media pembelajaran yang dibuat oleh pendidik serta para siswa.
Di sisi lain kami sungguh berharap Website ini juga dapat menjadi sarana silaturahmi dan komunikasi antara sekolah dengan para-alumni di berbagai tempat, sebagai sebuah keluarga besar yang solid serta dapat berkontribusi dalam memajukan pendidikan SMA Negeri 3 Lebong tercinta.
Kami menyadari website SMA Negeri 3 Lebong ini masih memiliki banyak kekurangan, oleh karena itu, kami akan terus belajar dan meng-update diri, sehingga konten dan kualitas tampilan website sekolah ini akan semakin berkembang. Kritik, saran dan masukan dari berbagai stake holder sekolah tentu sangat kami harapkan.
Kepada tim pengembang dan pengelola, kami berharap agar dapat terus menyempurnakannya dengan penuh semangat. Terima kasih atas kerjasamanya, mari terus berkarya menuju SMA Negeri 3 Lebong yang lebih berkualitas dan berjaya dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa Indonesia.
KurikulumOperasionalSMA N 3 LebongTahunPelajaran2023-2024merupakanpanduanpenyelenggaraanseluruhkegiatandiSMA N 3 Lebongpadatahunajaran2023-2024yangdisusunmengacupadaevaluasipelaksanaankurikulumsebelumnya.Kurikuluminidisusunbersama-samaolehKepalaSekolah,WakilKepalaSekolah,DewanGuru,DinasPendidikan,PengawasdanOrangtuamelaluiKomiteSekolah. Penyusunan Kurikulum Operasional ini
memperhatikan karakteristik SMA N 3 Lebong serta evaluasi terhadap Kurikulum
Operasional Satuan Pendidikan tahunsebelumnya.
SelainsebagaipanduanpenyelenggaraanPendidikandiSMA
N 3 Lebongpadatahun berjalan, Kurikulum Operasionalini juga perludijadikan pijakan untuk
penyusunan
Kurikulum Operasional tahun berikutnya. Dengan demikian arah langkahPendidikan di SMA N 3 Lebong diharapkan terjaga,
berkesinambungan dan semakinberkualitas dariwaktukewaktu.
SMANegeri1 LebongberlokasidiJalanRaya Curup Muara Aman Lebongdanberdirisejaktahun1992.Beradadidaerah bukit Range pada ketinggian
500-1.000 diatas permukaan laut.Adapun batas batas wilayah kabupaten lebong
adalah sebelah utara kabupaten surolangun, sebelah Selatan kabupaten Rejang
lebong dan Bengkulu Utara, sebelah barat kabupaten Bengkulu utara,dan sebelah
timur Kabupaten Musi Rawas.lingkungansekolahdikelilingiolehpegunungandengantanahpersawahanyangsubur.Sekolahseluas15.000M2denganlahanterbuka7.000M2,memilikihalamansekolahyangditanamidenganberbagaitanamanhiassertatanamanpelindungdimanadikelompokanmenjadikolamsekolah,
dan taman
sekolah.
Sekitarsekolahmerupakandaerahpertanianbaikpertanianpersawahan ataupunperikanan.Selainitujugamerupakandaerahpertanian
kopi, pala, dan tanaman hasil bumi lainya. Lebong merupakan daerah perbukitan
yang dikelilingi oleh hutan lindung.Lebong merupakan daerah yang memiliki
sumber daya alam yang sangat potensial seperti pertambangan emas dan batu bara
serta gas Alam.
Selain ituKabupaten
Lebong banyak
memilikidaerahwisata
alam sehinggasetiappekannyaatau hari
libur banyakpelancongyangmengunjungi LebongbaikMasyarakat setempat maupun
Masyarakat diluar kabupaten lebong yaitu Masyarakat dikabupaten tetangga atau
provinsi tetangga.
SMA N 3 Lebong merupakan sekolah besar dan sudah berusia mapan mempunyaisumber daya guru yang sudah
berpengalaman baik sebagai ASN sejumlah 26 guruPNS,1PPPKdanGurubantuHonorerDaerahsebanyak11orangdenganpegawaiadministrasisebanyak5orang.Denganyangtelahberpendidikanmagistersebanyak 15%, kekuatan Sumber Daya Guru ASN
ditunjang dengan sebagian guruyangsudahbersertifikasisebanyak90%,perangkatpendukunglaboran1orang,serta pustakawan 2 orang. Salahsatu kelemahan yang dihadapi olehSMA N 3 LebongterkaitSumberDayaManusiaadalahsebagianbesarASNmemasuki belum tercukupisehinggabeberapamapelmenjadikekurangansumberdayaakibatnyauntuk melengkapi kebutuhan tersebut terjadi rekruitmen
guru honorer. Disisi lain,banyaknya
guru muda non ASN merupakan potensi bagi pengembangan SMA N 3 Lebong ke depan.
Setiap
tahunnyaSMA N 3 Lebongsangat diminatioleh masyarakatyangingin
bersekolah,sehinggasetiaptahunkuotapesertadidikselalupenuhdanpendaftarselaluberlebih.JumlahpesertadidikSMA
N 3 Lebongpadatahunpelajaran2022-2023sebanyak611orang,berasaldarikeluargayangberlatarpendidikanorangtuayangberbeda-beda.Enampuluhpersen(60%)pesertadidikberasaldariorangtuayang memiliki latar belakang Pendidikan
minimal setaraSMA, sisanya
berpendidikandibawahnyayangberprofesisebagaipetani,pedagang,buruh,tukang,bahkanadayangpekerjaannyatidakmenentu. Peserta didik yang masuk SMA
N 3 Lebong bervariasi baik kemampuan akademikataupunnonakademik(ekonomi,latarbelakangpendidikankeluarga),begitupunminatdanbakatnya.
SMA N 3 Lebong yang menerapkan dua kurikulum pada jenjang yang berbeda,tentunyaberdasarkankajianpotensipesertadidikdibeberapatahunterakhir,prestasinonakademikdanprestasiakademiktampakbelum
maksimal hanya sebatas tingkat kabupaten dan provinsi, namun tingkat Nasional
hanya dapat dari beberapa kategori seperti diluiar akademis.Sementara juga prestasi masuk ke
PerguruanTinggiNegeriyangterusbertambahsetiaptahunnya.
KarenabanyaknyaSehingga kehidupanglobalisasiberbagaietnis,agama,sukumerupakankehidupanyangsudahbiasa.Untuk agama hampir seluruh menganut
agama Islam. Karena sebagian besarpenduduk
kabupaten Lebong merupakan suku Rejang,
maka kebudayaannya punlebihpadabudayaRejang.Keberagamansuku,agama,danetnisdisekitar Lebongmerupakanpotensiuntukmengembangan kebhinnekaanglobal pesertadidik.
1.Budaya Belajar
Budaya belajar peserta didik di SMA
Negeri 3 lebong :
a.Sebagaimana pada umumnya masyarakat di daerah
pedesaan, peserta didik di SMA Negeri 3
lebong kurang termotivasi untuk berprestasi akademis, hal ini dikarenakan masih
terbatasnya tingkat ekonomi orang tua untuk melanjutkan Pendidikan anak-anaknya
ke jenjang yang lebih tinggui. Namun demikian ada Sebagian kecil peserta didik
benar-benar mempunyai motivasi yang tinggi dikarenakan dorongan orang tua yang
cukup baik.
b.Persaingan belajar tidak terlalu menonjol antar peserta didik
2.BudayaLiterasi
Peserta
didik SMA Negeri 3 Lebong memiliki budaya
literasi yang kurang
baik. Hal ini dapat dilihat dari kunjungan ke perpustakaan
yang kurang dari peserta didik.
3.Budaya PeduliLingkungan
Peserta
didik SMA Negeri 3 Lebong memiliki budaya
lingkungan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari lingkungan sekolah yang cukup bersih. Namun
mereke kurang peduli terhadap lingkungan dimana ada Sebagian siswa yang masih
membuang sampah sembarangan.